Wednesday, February 17, 2016

Apakah Omset, Profit, Cash, dan Free Cash itu?

Mengenal Istilah Omset, Profit, Cash, dan Free Cash


     Apapun jenis usaha yang anda jalankan, seorang pengusaha wajib tahu akan istilah omset penjualan, profit, cash, dan free cash. Mengapa hal tersebut sangat penting? Karena seorang pelaku usaha harus tahu keuntungan bersih dan keuntungan kotor yang didapatnya. Dengan mengetahui detil keuntungan kotor dan keuntungan bersih maka usaha anda dapat terhindar dari kebangkrutan.
     “Omset penjualan saya sekian juta perbulan, “adalah jawaban yang mungkin kita pernah dengar dari seorang pengusaha saat ditanya berapa omset yang dicapainya. Ketika dia menyebutkan sejumlah angka, terkadang kitapun akan membayangkan besarnya keuntungan yang didapatnya. Benarkah demikian?
Istilah Omset, Profit, Cash, dan Free Cash
     Omset adalah pendapatan yang anda hasilkan dari penjualan produk/jasa yang anda tawarkan pada kurun waktu tertentu. Uang yang anda dapatkan tersebut belum dikurangi HPP dan biaya (listrik, air, gaji, perlengkapan dsb). Bisa dikatakan omset adalah laba kotor yang dihasilkan usaha anda.
     Sedangkan profit adalah jumlah uang yang anda hasilkan dari penjualan dalam periode tertentu yang sudah dikurangi dengan HPP dan biaya. Namun profit disini masih sebatas laporan keuangan saja, dan anda harus mengubahnya menjadi cash dan free cash.
Seringkali pelaku usaha beranggapan bahwa profit adalah berupa uang tunai atau cash. Padahal tidak demikian.
     Cash adalah uang yang anda dapatkan dan masuk ke akun bisnis anda, dimana uang tersebut sudah dikurangi dengan biaya pengeluaran usaha.
Perlu diingat cash ini tidak bisa anda gunakan seluruhnya. Penggunaan cash yang tidak terkendali akan mengakibatkan runtuhnya usaha anda. Anda dapat membagi cash ini menjadi dua pos:
1. cash yang nantinya diputar untuk keperluan usaha
2. free cash atau income yang bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi
Dengan membedakan antara cash dan free cash, maka perputaran roda usaha dan pemenuhan kebutuhan pribadi dapat berjalan seimbang. Dengan cash anda bisa menambah modal atau membeli perlengkapan baru untuk pengembangan usaha.
     Sedangkan free cash dapat anda gunakan untuk biaya sekolah anak, membeli kendaraan, liburan, atau pemenuhan kebutuhan pribadi lainnya.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai mengenal istilah omset, profit, cash, dan free cash. 
     Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment