Friday, February 12, 2016

Kenapa Benda Langit Yang Memasuki Atmosfer Bumi Terbakar?

falling-star


     Sebetulnya banyak sekali benda yang beterbangan tak beraturan di ruang angkasa. Dari sekian banyak benda langit tersebut, salah satunya ada yang dinamakan meteoroid. Meteoroid adalah benda padat berukuran kecil yang melayang-layang bebas di luar angkasa dan bergerak sangat cepat. Meteoroid berasal dari pecahan benda-benda langit, seperti asteroid dan komet. (silakan baca artikel Mengapa Komet Disebut Benda Langit? di sini)Lintasan meteoroid tidak beraturan dan tidak mengorbit matahari. Dalam perjalanannya di luar angkasa, meteorid tersebut suatu ketika akan mendekati Bumi, dan akan tertarik masuk karena adanya gaya gravitasi atau gaya tarik dari Bumi.
     Kebanyakan manusia tidak sadar jika Bumi kita dihujani benda angkasa yang sangat banyak. Orang menyebutnya sebagai bintang jatuh, padahal sebenarnya itu adalah meteor
(baca: Apa Kandungan dari Meteor? di sini...). Meteor adalah meteoroid yang masuk ke atmosfer Bumi karena tertarik oleh gaya gravitasi Bumi dan terbakar. Ketika akan masuk ke Bumi, meteor tersebut bergesekan dengan atmosfer Bumi yang membuatnya terbakar. Ini dikarenakan kecepatan yang tinggi ketika memasuki Bumi dan pergesekan dengan atmosfer Bumi yang menyebabkan suhunya naik dan membuatnya berpijar, sehingga tampak dari Bumi seperti bintang yang bergerak atau bintang jatuh.
     Di antara meteor-meteor tersebut ada yang terbakar habis di atmosfer, ada juga yang tidak terbakar habis dan mencapai permukaan Bumi. Meteor yang sampai ke permukaan Bumi dinamakan meteorit.

0 comments:

Post a Comment