Friday, February 12, 2016

Mengapa Pada Saat Panas Terik Tampak Seperti Ada Air Di Kejauhan?

fatamorgana

     Ketika kita melewati jalan yang beraspal pada siang hari, mungkin akan tampak di kejauhan ada genangan air. Namun ketika mendekatinya, ternyata tidak ada apa-apa. Mengapa itu bisa terjadi? Tampilnya genangan air khayal tersebut adalah suatu jenis fatamorgana. Kata ‘fatamorgana’ diambil dari nama saudari Raja Arthur, Faye le Morgana, seorang peri yang bisa berubah rupa.
     Fatamorgana ini terjadi karena permukaan jalan mendapat sinar Matahari dengan intensitas kuat, sehingga ada perbedaan suhu udara yang cukup besar di dekat permukaan jalan. Di dekat permukaan jalan aspal yang panas terdapat lapisan udara dingin. Lapisan udara yang lebih dingin memiliki kerapatan lebih besar dari pada lapisan udara yang lebih panas. Oleh karena itu, sinar Matahari yang datang dari lapisan udara dingin menuju ke lapisan udara panas akan dibiaskan menjauhi garis normal.
     Seberkas cahaya dari langit yang bergerak dari lapisan udara dingin ke lapisan udara hangat dan lapisan udara panas secara berangsur dibiaskan menjauhi garis normal, sehingga akhirnya dibelokkan ke atas ketika cahaya tersebut memasuki lapisan udara panas di dekat permukaan jalan. Cahaya ini dibiaskan ke mata seakan-akan cahaya ini datang dari permukaan jalan atau bahkan dari bawah jalan. Karena itulah, mata kita melihat bayangan langit ini seperti genangan air di jalan beraspal di depan kita.
Penulis: *Egy Adhitama, yang saat ini berusia 18 tahun, adalah mahasiswa Program Sarjana Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 

0 comments:

Post a Comment